Monday, 4 February 2013

Refreshing di Taman Balekambang



Photo-photo di Taman Balekambang (lagi), entah udah berapa kali gw mosting poto lagi di Balekambang, tempatnya emang gak ngebosenin sih, terapi mata banget ngeliat yang ijo-ijo gini.

oke biar posting ini bermanfaat, gw masih ngasih tau sejarah Taman Balekambang, awalnya bernama Partin Tuin dan Partinah Bosch dibangun pada 26 Oktber 1921 oleh KGPAA Mangkunegaraan VII karena rasa sayang beliau pada putri-putrinya GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Taman Balekambang ini dibangun dengan memadukan konsep Jawa dan Eropa, yang mana taman tidak hanya menciptakan unsur keindahan tapi juga ada unsur utama seperti area yang dinamain Partini Tuin yang berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan kotoran sampah di dalam kota.

kemudian ada area yang dinamain Partina Bosch yang merupakan koleksi tanaman langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, apel, coklat dsb, Partinah Bosch berfungsi sebagai resapan dan paru-paru kota.

Dulu, Balekambang sering dipake untuk tempat bersantai / rekreasi khusus keluarga dan kerabat istana Mangkunegaraan baru pada era KGGPA Mangkunegoro VIII Taman Balekambang dibuka buat umum.

Baru deh abis itu diadain hiburan untuk rakyat kyak ketoprak lesung terus srimulat sampe nelorin seniman-seniman terkenal juga kya Timbul, Gepeng, Djujuk, Nunung, Mamik Basuki dll

Pas abis direvitalisasi taun 2008 baru diperuntukkan sebagai public area. Pengunjung bisa nyusurin jalan setapak di bawah rindangnya dan semilir pepohonan terus kalo capek bisa duduk-duduk di kursi terus nikmatin kicauan burung, bercanda sama rusa yang jinak dan angsa putih, ya kyak keluarga Puro Mangkunegaran jaman dulu aja :D

Partini Tuin (Taman Air Partini)
HALLO, AKU RUSA KERAJAAN LOH *matiin capslock
di Taman Balekambang sekarang juga ada Taman Reptil
 tapi ga cuma reptil aja ada kelinci ma unggas disana
jangan sate aku loh



1 comment:

  1. balakembang keren banget yah kyaknya. masih asri

    ReplyDelete