Tuesday, 19 February 2013

Rectoverso (Film)

gw emang ngefans banget sama karya-karyanya Dewi Lestari, apalagi yang ini Rectoverso, bermula gw baca sekilas tentang Rectoverso di Supernova sampai akhirnya ada bukunya, ibarat ramuan minuman Rectoverso merupakan ramuan paling pas dan seimbang antara profesionalisme, persahabatan dan talenta.

wajib banget di tonton ini, karena gw juga sampe nangis sedu-sedan nontonnya :(

ada 5 cerita dalam 1 film (Malaikat Juga Tahu, Cicak di Dinding, Curhat Buat Sahabat, Firasat, Hanya Isyarat) digarap oleh 5 sutradara yang berbeda juga ada Olga Lidya, Cathy Sharon, Marcela Zalianti, Rachel Maryam, Happy Salma bikin suasana dari ni film semakin epic :D

oia gw paling suka kata-kata yang ini:

Aku sampai di bagian bahwa aku telah jatuh cinta. 
Namun orang itu hanya mampu kugapai sebatas punggungnya saja. 
Seseorang yang cuma sanggup kuhayati bayangannya dan tak akan pernah kumiliki keutuhannya. 
Seseorang yang hadir sekelebat bagai bintang jatuh yang lenyap keluar dari bingkai mata sebelum tangan ini sanggup mengejar. 
Seseorang yang hanya bisa kukirimi isyarat sehalus udara, langit, awan atau hujan. 
Seseorang yang selamanya harus dibiarkan berupa sebentuk punggung karena kalau sampai ia berbalik, niscaya hatiku hangus oleh cinta dan siksa.”
Dewi ‘Dee’ Lestari

(Hanya Isyarat - Rectoverso)

dan diantara ke 5 cerita itu, yang paling nampar gw adalah Cicak-Cicak di Dinding, apa itu? penasara, nonton aja filmnya :D





Monday, 18 February 2013

Festival Jenang Solo 2013



Jenang Festival is an annual event held in the city of Solo in order to enliven the anniversary of Solo, which was centered in the corridor Ngarsopuro on February 17, 2013, on the anniversary of Solo 268.
This Jenang Festival will distribute 15 thousand pincuk traditional porridge or gruel Solo free of charge to people in this city.

Jenang is kind of food which cannot be separated in cultural life of Javanese people. It has been merged in several traditional ceremonies such as in the celebration of the birth of the new baby, birthday party, opening and closing ceremony of event. Jenang which is also commonly known as dodol is the symbol of thankfulness to God, so it is offered in important ceremonies. However, jenang is also common to be eaten daily though there is no essential purpose or event. It can be enjoyed in the form of snack and even as a feast. It is popular in several cities in Indonesia like Kudus (Jenang Kudus),  Garut (Dodol Garut), Malang (Dodol Apel Malang), and in Solo.

It is typically sweet food; made by rice flour, coconut milk, granulated sugar, brown sugar and salt. Now people are more innovative by adding fruits as ingredients like apple, durian, and jack fruit. It becomes more tempting since sometimes it is mixed with chocolates.

The ingredients are put in a crock. Javanese people commonly make it in potter crock. Along four hours, the ingredients are cooked in the top of small fire. Those have to be mixed and stirred without any pause during cooking for resulting best result: no scorched part, no crust left. Indeed, making jenang is tiring. Yes, somehow it is the art of this food.


















Saturday, 16 February 2013

Lembah Hijau Multifarm



mau merah sapi gak mesti jauh-jauh sampe Boyolali, di Solo tepatnya di daerah Karanganyar juga ada namanya Lembah Hijau Multifarm (1981), gak cuma ada Peternakan Sapi Perah, tapi juga ada pertanian, perikanan, sama perkembangan bioteknologi StarBio.

gw lumayan sering kesini, karena pertama gw suka susu, jadi mau dapetin susu yang murni dari emaknya langsung ya cuma bisa gw dapetin (paling deket) ya disini, biasanya gw juga ikut merah susunya hihi licin-licin gimana gitu. 

Kalo mau merah dateng aja tiap jam 5 pagi sama jam 12 siang, jam 5 pagi kyanya gak mungkin sih ya, dateng aja jam 12 siang karena para pemerah bakal mulai melaksanakan aksinya. Susu dijual dengan harga 5000/L cukup murah. Gw biasanya beli terus gw masak di kos, hmmmm yummy banget, yang murni emang lebih enak :9

Oia yang punya Lembah Hijau Multifarm ini pak Harto dosen pertanian UNS, dia juga punya resto dari hasil peternakan, perikanan ma pertanian ini, di daerah Singosaren, tapi gw lupa namanya apa --"

ini dia beberapa jepretan kasar gw:
mooo !!! (lucu-lucu ya :3)


masa di tempat ginian ada jelangkungnya ckck

ini tempat pembuatan kompos (kyaknya)
enak banget tempatnya buat piknik apa santai-santai gitu, apalagi semuanya all about susu, berasa lagi di surga *oke lebay


Friday, 15 February 2013

waktu ~

ada saat dimana kita tidak perlu menoleh ke belakang.
jangan lihat lagi apa yang sudah ikhlas kita tinggalkan.
aku percaya, itu akan meringankan langkah,
untuk menjemput sesuatu yang baru.
sesuatu yang lebih melegakan.
sesuatu yang membuat kita bersyukur, karena menjemputnya
dengan tangan yang sengaja sudah dikosongkan.
sungguh itu tidak semudah bernafas.
aku berdiam terlalu lama untuk menahan diri
tidak menoleh ke belakang.
saat aku berhenti, waktu tak ikut menemani.
Dia terus berjalan.
Pilihanku, tertinggal jauh di masa lalu atau kukejar waktu dengan harapan.
Kuputuskan untuk mengejar waktu,
semoga tak tersandung lagi oleh bayanganmu
Dan

Semoga aku tak berjalan mundur.

sdgnc

Thursday, 14 February 2013

TKMDII XI (Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia) 2013


Dari tanggal 13 - 16 Februari digelar event akbar tiap 2 tahun sekali buat mahasiswa/i disain interior namanya TKMDII (Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia) dengan tema "Kearifan Lokal Indonesiaku", kalo di DKV ada namanya KMDGI - Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia, sama juga dilaksanain tiap 2 tahun sekali, cuma emang selalu lebih awal TKMDII, nah kali ini TKMDII XI digelar di kota Solo di Auditorium UNS dari jam 09.00 - 16.00 WIB dengan acara antara lain pameran, workshop, eskursi dan seminar.

Diikuti oleh Universitas se-Indonesia yang memiliki Program Studi atau Jurusan Desain Interior. Diantaranya ada ISI Denpasar, ITS, Petra Surabaya, Univ. Ciputra Surabaya, ISI Solo, ISI Jogja, ITB, Interstudi JKT, UNTAR JKT, STDI Bandung, Trisakti, Maranatha Bandung, IKJ, Itenas, UPH, Binus, Mercubuana, UI, UNIKOM Bandung, STISI Telkom Bandung.











speechless gw liat karya mereka, gw mau banget bikin rumah yang interiornya bagus-bagus kya gini haha, tugas di DKV belom ada apa-apanya, di Interior bener-bener mikir

so far acaranya sukses, anak-anak interior UNS udah berjuang keras soalnya biar acara ini maksimal :D

Thursday, 7 February 2013

Steal Like An Artist by Austin Kleon






You don't need to be a genius, you just need to be yourself. That's the message from Austin Kleon, a young writer and artist who knows that creativity is everywhere, creativity is for everyone. A manifesto for the digital age, Steal Like an Artist is a guide whose positive message, graphic look and illustrations, exercises, and examples will put readers directly in touch with their artistic side.




Tuesday, 5 February 2013

Hey, Life !

gak ada yang namanya kebetulan, selalu ada benang-benang merah atau tangan-tangan halus yang membawa kita menuju sesuatu, entah itu hal yang baik atau buruk.

malam ini kaki gw dilangkahkan buat makan malem di wedangan mas kenyung samping RS.Moewardi, udah 6 bulan lebih kyaknya gw dan Eci gak kesini. Dan terjadilah obrolan spektakuler bersama sang punya wedangan, yaitu mas Kenyung, awalnya gw pikir dia ini umurnya sekitar 30-35'an tapi ternyata gak dong, dia seumuran nyokap, nyokap umurnya 42 lah dia umurnya 40th, dan dia juga (makin ga nyangka) udah punya anak yang udah kuliah di Surabaya sana.

ngobrol sama mas kenyung kya lagi ngobrol sama psikolog, dia pinter ngebaca orang dan situasi. Dia tau kalo gw ini punya traumatic yang menyebabkan gw 'alergi' sama sebuah topik, padahal gw gak sadar loh kalo gw sampe segitunya, gw menganggap hal ini biasa aja, sampe akhirnya malah jadi serius dan berujung pada pembangkitan kenangan menyakitkan gw sekitar 17th lalu.

oke terlepas dari hal itu, mas kenyung it's so so wise, dia ngajarin kita tentang apa itu sabar, sabar bukan menyerah, bukan pasrah, bukan "yah yaudahlahhh ..." tapi sabar itu adalah menunggu, menunggu sambil melakukan sesuatu, istilah kasarnya kyak hemmmh .... sadar ga kalo kalo sebenernya kita itu lagi menunggu? menunggu giliran di panggil tuhan contohnya? ya kya gitu, apakah kesabaran itu kita hanya berdiam diri? gak kan? pasti selama penantian itu kita bakal berusaha menjadi yang terbaik untuk mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya. Filosofi inilah yang harusnya diterapin dalam kehidupan sehari-hari, maka akan timbul perasaan ikhlas, ikhlas dari dalam hati, bukan cuma di bibir aja.

dan gw juga suka filosofi sapu yang dia utarakan itu "gw ini kyak sapu, kotor, tapi gw bisa membersihkan sesuatu yang kotor sehingga menjadikan tempat itu bersih" jadi ibaratnya biar gw hina, biar gw jelek di mata orang-orang tapi gw ini punya hati, hati yang bisa bikin lo berubah dan menjadi pribadi yang indah"

dan men, dia tau pengalaman hidup gw ini keras banget, dan itu bisa ngejadiin gw lebih tua dari umur gw sekarang. semua karena apa? ya karena kesalahan-kesalahan itu, andai lo bisa ngulang waktu lo mau apa? perbaiki kesalahan? bukan .... bukan itu, yang bener adalah kalo lo bisa ngulang waktu, lo lakuin kesalahan-kesalahan itu lebih awal, jadi ngejadiin lo lebih wise dari umur lo sekarang. Oke gw nyoba ngerefleksikannya dalam hidup gw, di semester 3 kuliah gw cuti, itu lagi masa unyu-unyunya loh sama temen-temen, tapi gw cuti, karena suatu hal, masalah intern, dan gw bersyukur gitu pas kesini-sini dulu gw pernah cuti, selama 6 bulan itu gw ngelakuin banyak hal yang gak dilakuin orang lain, oleh orang-orang di usia gw, kadang sempet ngerasa gak adil, tapi impact nya men, berguna banget buat masa depan gw ini.

yak gw harus berterima kasih banget sama Allah, zat penguasa alam semesta ini. Gatau kenapa gw selalu di pertemuin sama orang-orang hebat. Semua mengalir aja gitu, dan selalu ngejadiin gw makin hebat dari hari ke hari.

sama kyak teori Einsten yang tentang pengalaman dan teori relativitasnya:

"Jika hidup ini seumpama rel kereta api dalam eksperimen relatvitas einsten, maka pengalaman demi pengalaman yang menggempur kita dari waktu ke waktu adalah cahaya yang melesat-lesat di dalam gerbong di atas rel itu. Relatvitas'nya berupa seberapa banyak kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang melesat-lesat itu. Analogi eksprimen itu tak lain, karena kecepatan cahaya yang bersifat sama dan absolut, dan waktu relativ tergantung kecepatan gerbong-ini pendapat Einsten-maka sejauh mana, dan secepat apa pengalaman yg sama tadi memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda, relativ satu sama lain.
Banyak orang yang panjang pengalamannya tapi tak kunjung blajar, namun tak jarang pengalaman pendek mencerahkan sepanjang hidup"

Monday, 4 February 2013

Refreshing di Taman Balekambang



Photo-photo di Taman Balekambang (lagi), entah udah berapa kali gw mosting poto lagi di Balekambang, tempatnya emang gak ngebosenin sih, terapi mata banget ngeliat yang ijo-ijo gini.

oke biar posting ini bermanfaat, gw masih ngasih tau sejarah Taman Balekambang, awalnya bernama Partin Tuin dan Partinah Bosch dibangun pada 26 Oktber 1921 oleh KGPAA Mangkunegaraan VII karena rasa sayang beliau pada putri-putrinya GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Taman Balekambang ini dibangun dengan memadukan konsep Jawa dan Eropa, yang mana taman tidak hanya menciptakan unsur keindahan tapi juga ada unsur utama seperti area yang dinamain Partini Tuin yang berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan kotoran sampah di dalam kota.

kemudian ada area yang dinamain Partina Bosch yang merupakan koleksi tanaman langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, apel, coklat dsb, Partinah Bosch berfungsi sebagai resapan dan paru-paru kota.

Dulu, Balekambang sering dipake untuk tempat bersantai / rekreasi khusus keluarga dan kerabat istana Mangkunegaraan baru pada era KGGPA Mangkunegoro VIII Taman Balekambang dibuka buat umum.

Baru deh abis itu diadain hiburan untuk rakyat kyak ketoprak lesung terus srimulat sampe nelorin seniman-seniman terkenal juga kya Timbul, Gepeng, Djujuk, Nunung, Mamik Basuki dll

Pas abis direvitalisasi taun 2008 baru diperuntukkan sebagai public area. Pengunjung bisa nyusurin jalan setapak di bawah rindangnya dan semilir pepohonan terus kalo capek bisa duduk-duduk di kursi terus nikmatin kicauan burung, bercanda sama rusa yang jinak dan angsa putih, ya kyak keluarga Puro Mangkunegaran jaman dulu aja :D

Partini Tuin (Taman Air Partini)
HALLO, AKU RUSA KERAJAAN LOH *matiin capslock
di Taman Balekambang sekarang juga ada Taman Reptil
 tapi ga cuma reptil aja ada kelinci ma unggas disana
jangan sate aku loh