Saturday, 7 July 2012

Kuliner Wajib Coba di Solo

yup empat tahun lamanyooo ambo stay di Solo, sebagai anak kos kalo makan pasti di luar, berbagai jajanan khas Solo wara-wiri gw coba, dari yang murah mpe mahal, enak sampe (menurut gw) gak enak.

ini dia gw kasih list kuliner wajib coba pas lo mampir di kota Solo :

1. Sosis Naga
Sosis Naga atau Jagung Naga atau kadang ada yang nyebut Fish Ball terletak di jalan .... duh gw lupa, pokonya deket Optik Melawai Widuran/Holland Bakery, buka tiap jam 06.30 sampe tengah malem (seabisnya). Jajanan ini simple sih cuma sosis/jagung/etc dilumurin cabe rawit yang puedess bangettt, makanya disebut sosis naga. Harganya juga murah banget, buat sosis 1500 pertusuk, jagung 3000, dan perintilan lainnya kyak fishball, nugget, roti,sekitar 2000an. Yang bikin unik dari jajanan ini ya pedesnya yang kadang bisa bikin kita nangis. tempatnya lesehan dan ga pernah sepi selaluuuu ramai, makanya jangan heran kalo pesenan kita bisa dateng sampe 2 jam'an, cukup ngebetein sih, makannya cuma 10 menit tapi datengnya berjam-jam, tapi walopun gitu, penggemar dari sosis naga ini sama sekali ga berkurang, justru makin hari makin nambah dan nambah.

2. Sate Ayam Madura Cak gepeng
masih deket sama sosis naga, tinggal jalan kaki ke arah pasar gede nyampe deh, itu sate emang bukan sate asli Solo, tapi menurut gw itu sate paling enak di Solo, manisnya pas rasanya pas, tempatnya lesehan, porsinya juga banyak banget, harganya juga terjangkau sekitar 12.000 sama es teh.

3. Bebek Bu Bibit
terletak di daerah Sumber, yang paling terkenal sih bebeknya, tapi menu yang ditawarin ga cuma bebek, ada gurame, lele, ayam juga. Keunikannya sih disini nasinya nasi uduk taro di bakul, paling enak kesini pas lagi laper-lapernya ato pas lagi buka puasa, bisa nambah sampe 3 kali kalo gw haha. keunikan lainnya sambelnya itu bro pedesss banget, gw sampe nangis kadang kalo makan disini, tapi ya itu tadi cabenya bikin nagih, lo bakal kalap kalo makan disini. Harganya sekitar 15.000an sama es teh/es jeruk.

4. Sop Buntut Bu Ugi
rada melipir dari Solo, tepatnya kawasan Tawangmangu ada sop buntut enak banget, namanya Bu Ugi, dari tawangmangu masi lurus terus, kalo dari arah Solo disebelah kiri jalan ntar lo bakalan liat jalanan rame mobil-mobil gitu, itu Bu Ugi. Tau sendiri kawasan tawangmangu tuh dingin, makan sop buntut yang panas2 gitu bikin anget. Gw sering ke tawangmangu cuma kangen sama sop buntut bu ugi, di Solo sih ada cabangnya, cuma gak terlalu terkenal, ya gimana ya gada feelnya kalo makannya di Solo :p harga sekitar 20rb an perporsi.

5. Sop Kaki Kambing
ada dideket pasar kembang, samping dJava, wahhhh yang ini dimakan malem-malem rasanya enak banget, segerrr, kolesterolnya tinggi sih tapi selagi muda ya cobain aja guys hwehehe. Emang bukan asli Solo tapi dari Jakarta, tapi gada salahnya kan kalo lo nyoba sop kaki kambing ini, lumayan buat anak kos kayak gw ngobatin kangen sama rumah :p harga sekitar 20rb'an

6. Ayam Resto 
ada di Jalan Adi Sumarmo, Klodran Solo. dari dulu emang terkenal murah dan enak, seporsi cuma 11rb (ayam goreng/bakar+nasi+es teh) tempatnya cozy banget pake gazebo gitu atau sawung-sawung samping kanan kirinya sawah, berasa lagi makan di pedesaan deh, apalagi sekarang ayam resto makin memperluas tempatnya, dibikin kolam renang juga, wah asik banget dah tuh tempat. Biasa kalo disini gw makan ayam utuh lebih puas (secara makan gw banyak) jangan takut bangkrut kalo makan disini, jangan tertipu sama tempatnya yang ekslusif karena harganya terjangkau plus rasanya enak.

7. Nasi Kare
nasi kare ini di depan Novotel slamet riyadi atau depannya sami luwes. gak cuma jual kare ada rica ayam juga. biasa kalo gw makan disini pesennya nasi kare pake rica ayam hehe (rakus) harganya mahasiswa banget cuma 6 rb, buat pecinta santen pasti suka makan disini, karena rasanya pas banget. Kadang makanan Solo gak semua pas di lidah gw, ada yang kemanisan lah, gw gak suka yang banyak gula gula gitu, sukanya yang bersanten dan pedes-pedes wehehe. Oia nasi kare ini kebanyakan yang makan adalah orang-orang jakarta yang stay di Solo, ya karena itu tadi rasanya pas di lidah perantau.

8. Momilk
Momilk baru banget dibangun sekitar setaun lalu di deket UMS Kertasura, menunya ya variasi susu gitu, ada macem-macem kayak susu caramel, coklat, durian, blueberry, pisang, cookies, dll. Mba Uti (empunya) emang sukses bikin momilk di kertasura terus bikin cabang lagi di deket Paragon Kotabarat. wah jangan salah, tempat yang ini lebih rameee lagi, cemilan yang gw suka itu Roti goreng pisang harganya 7rb, oia untuk susu ukuran reguler harganya 6.500, untuk king size 11.000. Buat para pecinta susu, pasti gamau ketinggalan, apalagi sekarang momilk udah jadi barometer tempat nongkrong anak gahul Solo :p

9. Legi& Resto
satu-satunya chinnesse food yang gw suka di Solo adalah Legi& (red:Legian). karena apa ya, karena gw suka masakan cina :p rasanya lebih enak daripada di diamond mwehehe :p
terletak di Jl. Dr Cipto Mangunkusumo Solo, deket hotel Agas. Harganya kisaran 30.000an keatas hemhh yah kayak resto pada umumnya, buat makan sama keluarga paling pas deh disini.

10. Ayam Tulang Lunak Mangga Dua
dideket roti mahkota, yang unik ya tulangnya lunak, jadi kalo makan disini mesti abis bis bis, setulang-tulangnya hhe. harganya sekitar 13.000an bisa delivery juga, ayam tulang lunak ini udah gw kenal dari semester 1 alias taun 2008, jadi dia ini adalah makanan favorit gw yang tertua.

selama gw ngekost di Solo gw bakal terus nyari kuliner-kuliner enak. Tapi satu hal yang bisa gw simpulin dari kuliner di Solo adalah, biasanya tempat yang bagus banget itu makanannya cenderung gak enak (menurut gw loh) kayak Waroeng Djadul di deket pasar kembang, menurut gw itu rasanya biasa-biasa aja, mending Spesial Sambel kemana-mana, terus Pondok Djowi di Manahan tempatnya bagus sih nuansa Bali gitu, tapi apaan, rasanya hambaaaaarrr banget, ya itu menurut gw ya. Tapi emang banyak yang mengakui ko, makanan Solo paling enak yang lesehan gitu, kyak yang beberapa gw sebutin di atas. Kalo lo ke Solo makannya malah ke KFC, mcD, Solaria, Exelso, j.Co, breadtalk mah uda basiii banget, coba keluar dari mall dan berjelajahlah miyehehehe :p

selamat berkuliner kawan-kawan :D

3 comments:

  1. Waow ajib ya neng jd pengen ke solo gw buat kuliner...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, Solo kulinernya enak2 lohhh

      Delete
  2. Untuk yang cari kuliner/sarapan khas Betawi di Solo, tiap minggu pagi jam 6-9 ada Nasi Uduk Bang Udin di Cfd slamet riyadi (samping pos polisi Sami Luwes)

    ReplyDelete