Sunday, 19 February 2012

Science or Social Class ?


ini buat anak anak kelas 1 SMA yang lagi pada bingung nentuin masuk IPA atau IPS, jangan sampe salah langkah loh, pilih jurusan berdasarkan minat.


kayak gw dulu pas 1 SMA galau banget masuk mana, gak ngerti juga passion gw dimana, semua nilai pas kelas 1 baik2 aja, lebih condong pinter ke IPA dan nilai IPS kayak ekonomi gitu terlihat biasa. AKhirnya gw kecemplung di IPA dan baru kerasa kalo gw ini salah jurusan adalah ketika tiap pelajaran Kimia, Fisika gw selalu tidur. Tapi gw kekeh di IPA, gamau pindah jurusan, itulah bodohnya gw, baru kerasa efeknya pas SPMB mau kuliah dan pengen masuk Komunikasi UI dengan Passing Grade yang sangat tinggi. Berbekal ilmu IPS yang sangat pas-pasan gw ikutan UMB (Ujian Masuk Bersama) dan gagal dong saudara-saudara. Akhirnya pas SPMB gw gak neko-neko gw ambil DKV di UNS (Solo) disuatu kota antah berantah di wilayah pulau Jawa. Walaupun itu jurusan IPS, alhamdulilah gw bisa tembus (didukung PG yang kecil juga). Yup begitulah pokoknya, kalian adek-adek 1 SMA jangan salah langkah ya. tentuin, tanya diri kamu sendiri dalam-dalam, sukanya apa dan kedepannya mau jadi apa.

ini gw kasih perbandingan :

Science Class
Get Some

#1 More Major Options
anak IPA punya lebih banyak pilihan jurusan di Univ nanti, soalnya mereka mungkin banget ambil kuliah di IPS. Walau ada juga sih anak social yang ke IPA.
#2 Less Memorizing
cocok buat kalian yang males ngapal. di jurusan ini kita dituntut make logika dan pinter main angka. Cukup inget rumus, gak peru ngapalin berlembar-lembar halaman kaya di mata pelajaran IPS.

Lose Some

#1 Complicated
berurusan sama rumus, angka dan laboratorium gak bisa disebut hal enteng. Belom lagi berbagai praktikum plus laporan yang harus dikumpulin. ribet deh
#2 Nerd Image
karena pelajarannya susah dan tugas seabrek, waktu luang yang harusnya bisa dipake buat gaul malah diabisin buat belajar dan ngerjain tugas, Akhirnya anak IPA identik dengan cupu, kaku, gak santai.

Social Class
Get Some

#1 More Relaxing
tugas dan PR anak IPS ga seribet rumus2 atau praktek lab anak IPA. jadi kesannya ga terlalu bikin pusing. jadi jurusan ini cocok buat orang yang gak suka angka dan itung2an.
#2 Social Expert
banyak belajar tentang kehidupan masyarakt sekitar bikin anak IPS lebih peka dan kritis sama lingkungan. Dlam rangka ngerjain tugas juga lebih banyak ketemu orang baru, jadi wawasan tentang dunia sosial dan pergaulan bisa jadi lebih luas.

Lose Some

#1 Lazy CUlture
ati ati loh budaya santai pas di SMA bisa keterusan, anak IPS sering dicap punya kebiasaan nyantai dan males kalau ngerjain PR. ini bisa bahaya kalo keterusan sampe kuliah, lo bisa 'kaget' kalo tiba-tiba dapet banyak tugas.
#2 Cap 'Buangan'
IPS sering banget dianggap 'buangan' anak-anak yang gak keterima di IPA. Padahal kan sebenernya banyak juga anak yang masuk IPS karna emang mintanya disitu. tapi masih aja ada yang ngasih image gitu.

No comments:

Post a Comment