Wednesday, 27 July 2011

Bulan Ramadhan dan Hikmahnya

horee sebentar lagi bulan ramadhan tiba ... bulan yang dinantikan semua umat muslim di seluruh dunia.
hooray Fasting Month arrives soon ... all Muslims around the world waiting for this. 






Ramadhan dalam bahasa Arab:رمضان adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). selama bulan ini semua umat islam bakal ngelakuin serangkaian aktivitas keagamaan termasuk berpuasa, solat tarawih, peringatan turunnya Al-Qur'an, laylatul Qadar, banyakin baca al-Qur'an, dan diakhiiri dengan bayar zakat fitrah terus solat ied.  Kekhususan bulan Ramadan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya:



"bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."
Ramadan in Arabic: رمضان is the ninth month of the lunar Hijri (Islamic religious calendar systems). during this month all the Muslims would be conducting a series of religious activities, including fasting, tarawih Sholat, warning the decline of the Qur'an, laylatul Qadar, multiply the reading of the Al-Quran, and ends with pay tithes and prayer ied.Specificity of Ramadan for Moslems is reflected in the Quran in surah Al Baqarah verse 185 which means: "Ramadan, the month in which inherited the Al-Quran as a guidance for mankind and explanations of instructions and a differentiator. Therefore, whoever among you is present in that month, then let him fast the month ..."
di bulan ini Allah obaral pahala banget, gede-gedean. jadi buat umat islam, ayo kita perbanyak amal ibadah dibulan ini, kalo ada waktu luang ayo dipake buat baca al-wur'an, kalo bisa bikin target 1 hari 1 juz. jadi 30 hari bisa khatamin al'quran hebat banget :D gak susah kok, tiap abis solat subuh baca kira2 3 halaman, solat dhuha baca lagi, zuhur, ashar, magrib, dan isya. kita berkutat pada Allah. semua semata2 karena Allah. Kita pasti bakal nemuin jiwa yang damai disana, enahlah harus disebut apa, tapi yang jelas kita nemuin kedamaian di bulan ramadhan. semua orang saling berbagi :)
Berikut Tentang Puasa
Puasa secara bahasa artinya menahan atau mencegah, dalam syariat berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yg membatalkan, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.
"Yaa ayyuhaladziina aamanuu kutiba alaikumush shiyaamu kamaa kutiba 'alalladziina min qablikum la'allakum tataquun"
“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa."



Di antara hikmah dan faedah puasa selain untuk menjadi orang yang bertakwa adalah sebagai berikut;

  • Untuk pendidikan/latihan rohani
    • Mendidik jiwa agar dapat menguasai diri
    • Mendidik nafsu agar tidak senantiasa dimanjakan dan dituruti
    • Mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebik-baiknya
    • Mendidik kesabaran dan ketabahan
nafsu seringkali membutakan akal pikiran kita, allah berfirman yang artinya : Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan
hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya
sesat berdasarkan ilmu-Nya. (QS 45:23)

  • Untuk perbaikan pergaulan
Orang yang berpuasa akan merasakan segala kesusahan fakir miskin yang banyak menderita kelaparan dan kekurangan. Dengan demikian akan timbul rasa suka menolong kepada orang-orang yang menderita. 
  • Untuk kesehatan
pada saat-saat tertentu, perut memang harus diistirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus diistirahatkan, apalagi di dalam Islam, isi perut kita memang harus dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

  • Sebagai rasa syukur atas segala nikmat Allah
Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak, baik dari segi jumlah atau paling tidak dari segi rasanya, Allah berfirman yang artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu,
dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS 14:7)
)


No comments:

Post a Comment