Sunday, 31 July 2011

Pengalaman di Bulan Ramadhan

bulan ramadhan bulan penuh berkah, dimana dalam sebulan orang-orang jadi baek, gada yang marah, gada yang gangguin alias siul-siul klo lg jalan, seperti "neng ikut abang dangdutan yok!" "IH NAJIS LO !" kata kata itu semua akan pudar, hahaha... bulan ramadhan juga identik dengan puasa, ya semua pengalaman puasa yang menarik ada dimasa kecil, gatau kenapa pas uda gede gini puasa kok jadi hambar, jujur aja. huft...

oke puasa pas lagi kecil adalah saat-saat yang menggembirakan, apalagi di tempat ngaji gw, semua menjadi lebih intesif pertemuan dengan guru ngaji, temen ngaji, dan gebetan sepengajian. kyaaa kyaaa hihi :p
semua terasa indah, dimana kita punya jadwal buka puasa bareng tiap hari apa gitu, diselang-selaing, masing2 anak kebagian bawa apa gitu, ada yang bawa makanan seperti kue-kue basah atau kering, buah-buahan, air minum. semua yang ringan ringan aja siy, soalnya ntar kita dikasi waktu pulang kerumah dlu buat makan berat horre... terus kita solat tarawih bareng, solat tarawih ditempat ngaji gw cuma 11 rokaat, sesuai sunah nabi muhamad, bukan 23 rakaat apalagi 41 rakaat hhehe setelah solat biasa kak Anam (guru ngaji gw) bercerita tentang apa aja, ga melulu soal islam, tentang berita terkini, science, bahas isi ayat alqur'an atau apapun itu, menarik banget. gw banyak tau tetang dunia dari dia, dia nyoba menghubungkan kejadian yang terjadi di dunia nyata dengan firman allah di al'quran, keren banget dia bilang gini. semua yang akan terjadi di dunia sudah tertulis di al'quran jadi kita gausa ngeraguin isinya. kayak gini itu di negara mana ya di daera america selatan yang berbatasan antara laut antartika dan samudra pasific. disana lautnya deket banget, tapi ikan2 disana ga akan sama jenis ato berpindah ke samudra lain, karena suhu yg berbeda, ada di ayat apa gitu. lupa hehehe

oke back to the topic, biasanya setelah taraweh kita ngaji bareng, di rumah temen2 biasanya. yah kira2 dalam sebulan namatin al quran mpe 2x.  keren kan hhe..

gw agak2 gak nikmatin taraweh di masjid, menurut gw dimasjid itu terlalu ramee. banyak temen sebaya gw (wkt kecil) malah maen, bukan solat, mereka malah jajan, terus berantem apalah gitu, ga efektif banget buat berdekatan ma allah heuh... baru sekarang2 aja pas gede solat di mesjid dan ngerasain ga kusyu :( enakan sedikit sekitar 20 jamaah terus kusyu gitu.

apalagi ya cerita pas puasa, hemmm gw pernah tidur siang dan bangun2 gw pikir uda pagi, sebel banget ma nyokap yg ga bangunin gw saur, akhirnya gw makan rambutan, eh tante dateng, gw malah diomelin. aaaaa katanya gw batal puasanya, lah???? gw bingung hahahah gw bilang aja gatau klo masi sore, tp tante tetep ngeyel gw batal. bodo deh, yang tau gw ma allah ini hhe klo gw gatau kl masi sore :p

puasa, yang gw rinduiin adalah lomba2 lombanya, kita semua berlomba berbuat kebaikan, itu yang diajarin guru ngaji gw. walaupun gw ga tinggal di pesantren tapi gw ngerasa pengetahuan islam gw kaya banget, berkat guru ngaji gw itu. oia tiap mlem laylatul qodr biasanya kita semua nginep di TPA buat memperingati malem itu, ah kusyuu banget 

i miss that moment, i miss my friends too

uda pada gatau sekarang dimana hehe

Saturday, 30 July 2011

Wednesday, 27 July 2011

drawing emma watson malah jadi emma clown

Restia Viani karikatur by Diandra :D

Bulan Ramadhan dan Hikmahnya

horee sebentar lagi bulan ramadhan tiba ... bulan yang dinantikan semua umat muslim di seluruh dunia.
hooray Fasting Month arrives soon ... all Muslims around the world waiting for this. 






Ramadhan dalam bahasa Arab:رمضان adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). selama bulan ini semua umat islam bakal ngelakuin serangkaian aktivitas keagamaan termasuk berpuasa, solat tarawih, peringatan turunnya Al-Qur'an, laylatul Qadar, banyakin baca al-Qur'an, dan diakhiiri dengan bayar zakat fitrah terus solat ied.  Kekhususan bulan Ramadan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya:



"bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."
Ramadan in Arabic: رمضان is the ninth month of the lunar Hijri (Islamic religious calendar systems). during this month all the Muslims would be conducting a series of religious activities, including fasting, tarawih Sholat, warning the decline of the Qur'an, laylatul Qadar, multiply the reading of the Al-Quran, and ends with pay tithes and prayer ied.Specificity of Ramadan for Moslems is reflected in the Quran in surah Al Baqarah verse 185 which means: "Ramadan, the month in which inherited the Al-Quran as a guidance for mankind and explanations of instructions and a differentiator. Therefore, whoever among you is present in that month, then let him fast the month ..."
di bulan ini Allah obaral pahala banget, gede-gedean. jadi buat umat islam, ayo kita perbanyak amal ibadah dibulan ini, kalo ada waktu luang ayo dipake buat baca al-wur'an, kalo bisa bikin target 1 hari 1 juz. jadi 30 hari bisa khatamin al'quran hebat banget :D gak susah kok, tiap abis solat subuh baca kira2 3 halaman, solat dhuha baca lagi, zuhur, ashar, magrib, dan isya. kita berkutat pada Allah. semua semata2 karena Allah. Kita pasti bakal nemuin jiwa yang damai disana, enahlah harus disebut apa, tapi yang jelas kita nemuin kedamaian di bulan ramadhan. semua orang saling berbagi :)
Berikut Tentang Puasa
Puasa secara bahasa artinya menahan atau mencegah, dalam syariat berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yg membatalkan, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.
"Yaa ayyuhaladziina aamanuu kutiba alaikumush shiyaamu kamaa kutiba 'alalladziina min qablikum la'allakum tataquun"
“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa."



Di antara hikmah dan faedah puasa selain untuk menjadi orang yang bertakwa adalah sebagai berikut;

  • Untuk pendidikan/latihan rohani
    • Mendidik jiwa agar dapat menguasai diri
    • Mendidik nafsu agar tidak senantiasa dimanjakan dan dituruti
    • Mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebik-baiknya
    • Mendidik kesabaran dan ketabahan
nafsu seringkali membutakan akal pikiran kita, allah berfirman yang artinya : Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan
hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya
sesat berdasarkan ilmu-Nya. (QS 45:23)

  • Untuk perbaikan pergaulan
Orang yang berpuasa akan merasakan segala kesusahan fakir miskin yang banyak menderita kelaparan dan kekurangan. Dengan demikian akan timbul rasa suka menolong kepada orang-orang yang menderita. 
  • Untuk kesehatan
pada saat-saat tertentu, perut memang harus diistirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus diistirahatkan, apalagi di dalam Islam, isi perut kita memang harus dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

  • Sebagai rasa syukur atas segala nikmat Allah
Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak, baik dari segi jumlah atau paling tidak dari segi rasanya, Allah berfirman yang artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu,
dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS 14:7)
)


Saturday, 23 July 2011

Awesome Video You Must Watch !

here they are :D

Axe - Come On (Forecaster Version by Gloomy Production)


Iklan Layanan Masyarakat - Bahaya Jajanan Anak by Gloomy Prod


all of this video has made by me and my friends. how do you think? give comment please :)