Monday, 7 March 2011

9 matahari by adenita (review buku)

sebenernya uda lama baca bukunya, tapi ini buku bener bener gw banget. yang sedang menjalani proses kuliah. hhehe
nama tokoh utama nya tari dia dari keluarga sederhana juga, sama kayak gw. dia gadis yang cerdas yang bercita cita ingin kuliah, dia rela melakukan apapun demi kuliah, ketika orangtuanya gak sanggup membiayainya. dia mencari uang sendiri untuk biaya hidup dan kuliah. dia menghiting berapa jumlah uang yang ia keluarkan dari awal pendaftaran sampai lulus nanti.
kisah hidup gw emang gak setragis dia, tapi ini sangat mirip. semua perjuangannya bikin gw senyum-senyum sendiri. dan gw mengibaratkan tari itu gw. gw juga sempet cuti karena tiba2 ada masalah keuangan yang mahadahsyat. hahaha 
and theres some quotes from that book :)

“IPK adalah point ke 17 dari 20 point menuju keberhasilan. Point pertama adalah Soft Skill. Soft Skill adalah kemampuan yang tidak terlihat yang diperlukan untuk menjadi sukses, misalnya kemampuan bekerja sama, kemampuan berorganisasi, percaya diri, kepribadian yang ramah dan integritas.”
lalu ada juga
“You can’t choose your family, but you can choose your friend to be your family”
lalu
“Ibarat sebuah tanaman yang tidak tumbuh subur di sebuah pekarangan, adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan jika harus mengganti tanahnya. Solusinya, lebih baik memindahkan tanaman itu ke lahan yang lebih subur. Jadi jika memang tidak cocok, silahkan mundur secara teratur kemudian mencari tempat berkembang”
Coba cermati yang ini:
“Sebuah masalah terjadi karena sebuah tujuan, membuat mental dan jiwa menjadi tangguh”
dan yang ini:
Diantara batu-batu mulia yang sudah ada, harus ada yang jadi berlian. Mungkin kamu yang paling diasah untuk menjadi berlian itu dalam keluargamu.
“Diantara batu-batu mulia yang sudah ada, harus ada yang jadi berlian. Mungkin kamu yang paling diasah untuk menjadi berlian itu dalam keluargamu”
“Jika kuliah adalah sebuah institusi pembelajaran, maka pembelajaran yang utama adalah pembentukan karatker tersebut”

ini yang paling saya suka:
“Seorang pemenang adalah seorang yang berhasil menyelesaikan setengah pekerjaannya ketika orang lain sedang terlelap…”

http://disanasini.wordpress.com/2009/08/28/9-matahari/

hehe jujur gw lupa quotes2nya, bukunya gatau dimana :p

buat orang yang selalu hidup serba mudah mungkin ngerasa ini cuma cerita dongeng, mana ada yang ngalamin kisah tragis kayak ginian. hhhh dasar anak manja, yup gw ngalamin. gw ngalamin apa yang dirasain Tari. dan ini jadi kekuatan buat gw juga untuk terus maju.


Sometimes you’ve got to sacrifice the things you like, but I was born to try :)





No comments:

Post a Comment